HomeKota BimaPendidikan

Kusuma Bangsa Gelar “Wisata Parenting” di Kolam Renang Persawahan

Siswa Kusuma Bangsa mendapatkan piagam penghargaan dalam kegiatan Wisata Parenting.

KOTA BIMA, TUPA NEWS.- Sekolah Play Group dan Taman Kanak-Kanak (PGTK) Kusuma Bangsa Kota Bima sebanyak Tiga Rombongan Belajar (Rombel) yang terdiri dari Kelas Reguler dan Kelas Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) pada Kamis (14/12/2023) mengelar kegiatan Wisata Parenting dalam rangka Hari Ibu di Kolam Renang Persawahan Jln Soedirman Kota Bima dengan tema ” Cerita Keluarga Menciptakan Kenangan Indah di hari Ibu ”

Kepala Sekolah PGTK Retno Utami, SE., S. Pd., M. Pd.Kons menyampaikan kegiatan Wisata Parenting yang dilaksanakan pada hari kamis minggu lalu sekaligus penutup kegiatan pembelajaran semester ganjil 2023/2024, Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan diawali keliling wisata mulai dari sekolah sampai lokasi dengan menggunakan kendaraan Odong2 dilanjutkan dengan kegiatan senam bersama anak dan orang tua, keliling sawah disekitar kolam, menemukan hewan/binatang sekiranya sawah seperti keoang dan sejenisnya, jadi mereka memperlajari hal yang nyata, dan menikmati kegembiraan mereka dengan hujan buatan, ujarnya pada media ini. Terlihat dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Pengawas PAUD yaitu Habiah, S. Pd yang juga pengawas sekolah penggerak angkatan Ke-2.. dan kebetulan dalam kegiatan ini juga Ibu pengawas Paud langsung mendampingi saat kegiatan berjalan di pinggir sawah dan menjelaskan apa yang mereka temui saat berkeliling dipinggir sawah tersebut

Dalam Kegiatan ini ada Indikator yang dinilai dari berbagai aspek, yakni keharmonisan orang tua dan anak, kepekaan orang tua terhadap kebutuhan anak, kesabaran dalam menghadapi anak. Jadi dari kegiatan ini ada yang ingin dicapai yaitu bagaimana orang tua dapat meluangkan waktunya bergembira bersama di alam terbuka, dari kegiatan ini diambil tiga pemenang yang diberikan dalam bentuk PIALA, banyak hal yang ditemukan dalam kegiatan Wisata Parenting ini yaitu Anak dapat merasakan dan menikmati kebersamaan dengan teman sebaya yang berbeda bersama orang tua. Reward atau penghargaan yang diberikan untuk orang tua hebat tersebut diberikan pada Kamis (21/12/2023) bertepatan dengan penyerahan laporan perkembangan peserta didik,” kata Mami Retno.

Sehingga diharapkan kedepan orang tua semakin yakin bahwa Kusuma Bangsa hadir ditengah-tengah Kota Bima berdasarkan kebutuhan peserta didik (dimana anak merasa dihargai), tanpa melihat keyakinan, sosial, suku, bangsa dan lingkungannya. ‘Yang menarik dalam kegiatan ini, di mana anak-anak beragama Islam dan Hindu membuat kartu ucapan selamat hari Raya Natal dan diberikan secara simbolis oleh guru kelas kepada peserta didik yang merayakan Natal,” bebernya. Inilah model Merdeka Belajar, dengan memberikan konsep yang memiliki keragaman

Salah seorang wali murid yang beragama Hindu menyampaikan bahwa disinilah kelebihan dari Kusuma Bangsa karena mereka menghargai setiap keyakinan dan kepercayaan kepada peserta didik, demikian juga disampaikan oleh beberapa wali murid yang beragama Islam. bahkan Kusuma bangsa saat Maulid Nabi Muhammad SAW kemarinpun kami semua merayakannya secara sederhana di sekolah”Intinya indahnya keragaman yang ada di lembaga ini, karena motto sekolah ini adalah hasil Pendidikan tertinggi adalah Toleransi,” demikian yang disampaikan kedua orang tua yang berbeda keyakinan ini. (TN – 01)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0