HomeKota BimaPemerintahan

Lembaga Penyelenggara Akreditasi Puskesmas LMN, Nilai Puskesmas Mpunda

Sekda H. Mukhtar saat dampingi tim penilai reakreditasi puskesmas Selasa (28/11/2023).

KOTA BIMA, TUPA NEWS.- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima, Drs. H. Mukhtar, MH menghadiri pembukaan penilaian reakreditasi Puskesmas Mpunda sebagai wujud meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Kota Bima, bertempat di Puskesmas Mpunda, Kelurahan Lewirato Selasa (28/11/2023).

Visitasi dilakukan sebagai bagian dari proses penilaian untuk menentukan kelayakan puskesmas-puskesmas yang ada di Kota Bima dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

H. Mukhtar, mengatakan selamat datang kepada tim penilai reakreditasi puskesmas di Kota Bima khususnya di puskesmas Mpunda. Upaya ini sebagai langkah untuk menentukan kelayakan sejumlah puskesmas yang ada di Kota Bima didalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Puskesmas Mpunda merupakan puskesmas ke 6 yang di nilai oleh tim penilai dari 7 puskesmas yang ada di Kota Bima. Insya Allah nanti awal Desember 2023 giliran Puskesmas Kolo yang akan di visitasi oleh tim,” ujarnya saat membuka acara penilaian reakreditasi PKM Mpunda.

H. Mukhtar berharap kepada seluruh kepala puskesmas dan tenaga kesehatan lainnya agar dapat menyiapkan kebutuhan yang diperlukan oleh tim penilai, sehingga nantinya dapat memperoleh hasil yang menggembirakan semua pihak, harapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Mpunda, Rita Astuti, S. Kep., Ners menyampaikan, prasarana puskesmas Mpunda dalam melayani masyarakat menggunakan mesin antrian elektronik dengan sistem komunikasi menggunakan media grup WhatsApp serta pertemuan rutin saat apel gabungan setiap pagi.

Perlengkapan medis di PKM Mpunda memiliki 5 tabung O2, proteksi keamanan 5 alat pemadam ringan, sistem koneksi internet aktif selama 24 jam yang tersebar diseluruh ruangan di Puskesmas Mpunda. Untuk transportasi memiliki mobil ambulance serta kursi roda. Selain itu juga, tersedia sarana bermain anak dan sarana bermain bagi lansia yang permanen.

Selain itu lanjut Rita, tenaga sumber daya manusia (SDM) di Puskesmas Mpunda memiliki dokter umum 4 orang, dokter gigi 1 orang, perawat 35 orang, kontrak 3 orang dan non ASN 18 orang, bidan 21 orang ASN dan non ASN 38 orang, tenaga analis 5 orang, apoteker 2 orang, asisten apoteker 5 orang, radiologi 1 orang, rekam medik 1 orang, tenaga gizi 6 orang dan tenaga umum 10 orang. “Total PNS 85 orang, tenaga PTT 12 orang dan non ASN 69 orang. Sehingga jumlah Petugas sebanyak 165 orang,” jelasnya.

Hadir pada acara tersebut yakni tim penilai dari lembaga independen penyelenggara akreditasi Lipa Mitra Nusa
(LMN), Kepala dan Sekretaris Dikes Kota Bima, Kepala Diskominfotik Kota Bima, Camat Mpunda, Danpos Rasanae Kodim 1608 Bima, Ketua FPKT Kota Bima serta Lurah se Kecamatan Mpunda. (TN – 03)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 1