HomeKota BimaPemerintahan

Profesionalisme Guru Kunci Utama Visi Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar

Pelaksanaan HUT HGN 2023, du Kantor Walikota Bima.

KOTA BIMA, TUPA NEWS.- Sekda Kota Bima, Drs. H. Mukhtar, MH, memimpin upacara Hari Guru Nasional (HGN) 2023 dengan penuh semangat, menegaskan pentingnya profesionalisme guru dalam membentuk masa depan dunia pendidikan.

Dalam upacara HGN 2023 yang mengusung tema “Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar”, H. Mukhtar menyoroti peran vital guru sebagai agen perubahan dan memberikan apresiasi tinggi terhadap dedikasi para pendidik dalam membimbing dan menciptakan generasi yang tangguh.

Sekda Kota Bima H. Mukhtar menekankan pentingnya profesionalisme guru sebagai tulang punggung pendidikan dan juga mengapresiasi dedikasi guru dalam mencerdaskan anak bangsa serta mengajak mereka (guru) untuk terus meningkatkan kualitas pengajaran demi menciptakan generasi yang unggul dan berwawasan. “Upacara ini menjadi momentum untuk menghargai peran guru sebagai garda terdepan dalam membangun masa depan bangsa,” ucap Sekda Kota Bima ketika membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Pj. Walikota HM. Rum ucapan selamat Hari Guru Nasional.

Katanya, mencerminkan komitmen untuk terus mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Maka seluruh guru diharapkan untuk terus meningkatkan profesionalisme, menjadikan diri sebagai teladan bagi siswa, dan secara aktif terlibat dalam perubahan positif dalam dunia pendidikan. Tidak hanya sebagai momen penghargaan, peringatan Hari Guru Nasional ini juga menjadi panggung bagi refleksi dan komitmen bersama dalam membangun dunia pendidikan yang lebih baik.

Profesionalisme guru, menurut Mendikbud ristek dalam amanat yang dibacakan Sekda H. Mukhtar, adalah kunci utama untuk mencapai visi “Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar”, di mana setiap anak bangsa memiliki akses dan semangat belajar yang merdeka.

Merdeka Belajar adalah konsep pendidikan yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengatur dan mengelola proses belajar mereka sendiri. Ini mendorong siswa untuk aktif dalam pemilihan materi, metode, dan waktu pembelajaran, sesuai dengan minat, kebutuhan dan gaya belajar mereka (siswa). Konsep ini bertujuan untuk mengembangkan kemandirian, kreativitas, dan motivasi intrinsik siswa, sehingga mereka menjadi pembelajar yang lebih efektif dan berdaya, demikian amanat Mendikbud dan Riset yang dibacakan Sekda Mukhtar. (TN – 03)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 1