HomeKota BimaPemerintahan

Rakornas P2DD Tahun 2023, Dihadiri Pj. Walikota Bima

Pj. Walikota Bima HM. Rum (kiri) saat menghadiri Rakornas P2DD di Jakarta, Selasa (03/10/2023).

JAKARTA, TUPA NEWS.- Pj. Walikota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, MT., hadir pada Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional) percepatan dan perluasan Digitalisasi Daerah Tahun 2023 yang diselenggarakan pada Selasa (03/10/2023) yang berlangsung di Grand Sahid Jaya, Jl. Jend. Soedirman Kav. 86, Jakarta.


Rakornas ini merupakan wadah penting untuk membahas strategi dan upaya percepatan digitalisasi di daerah, dengan fokus pada pengembangan teknologi informasi dan komunikasi berupa penyediaan infrastruktur jaringan TIK di seluruh wilayah Indonesia dan dihadiri oleh 619 peserta yang terdiri dari unsur Pemerintah Daerah Provinsi, Kepala Daerah Kabupaten/ Kota, Kepala Perwakilan Wilayah Bank Indonesia dan Kepala Bank Pembangunan Daerah se Indonesia. Dalam Rakornas P2DD tersebut, disampaikan komitmen kuat untuk mendorong digitalisasi di berbagai daerah di seluruh wilayah Indonesia sebagai langkah penting menuju perkembangan yang berkelanjutan.


Mengingat pentingnya sinergi antara pemerintah daerah, sektor swasta, dan masyarakat dalam mewujudkan visi digitalisasi yang lebih luas, Menko Perekonomian RI, Dr. Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A.,M.M.T.,IPU selaku Ketua Pengarah Satgas P2DD, mengungkapkan harapannya agar inovasi digital dapat meningkatkan pelayanan publik, mempercepat pertumbuhan ekonomi, dan menciptakan lapangan kerja baru di daerah.


Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur Bank Indonesia, Menteri Keuangan RI dan Sekjen Kementerian Dalam Negeri RI, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Menteri PAN RB serta berbagai pemangku kepentingan dari seluruh penjuru Indonesia dan menghasilkan beragam ide-ide konstruktif dalam rangka mendorong transformasi digital yang lebih cepat dan merata di seluruh daerah Indonesia.


Sementara itu, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, menegaskan bahwa Rakornas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) Tahun 2023 dengan tema “Transformasi Digitalisasi Daerah untuk Mempercepat Indonesia Maju 2025” diharapkan akan menjadi langkah penting dalam mencapai visi pemerintah untuk mewujudkan Indonesia yang semakin digital dan berinovasi sebagaimana amanat Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2021 tentang Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah. Hal ini berarti fokus pembahasan Rakornas tahun ini terkait transformasi digitalisasi daerah yang merupakan perwujudan dari blueprint sistem pembayaran Indonesia 2025 dengan tujuan untuk menavigasi peran sistem digitalisasi pembayaran.


Pada moment Rakornas tersebut, Satgas P2DD (Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah) memberikan apresiasi dan penghargaan atas TP2DD Propinsi, Kabupaten dan Kota terbaik, Program unggulan TP2DD terbaik dan Bank Pembangunan Daerah terbaik sebagai bank daerah yang menyelenggarakan pelayanan digitalisasi administrasi keuangan daerah melalui pemanfaatan SIPD online dan penerbitan SP2D online. (TN – 03)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0