HomeKota BimaPendidikan

TK Kusuma Bangsa Raih Penghargaan Sebagai Sekolah Inklusi Pada MAHADIKA 2023

Mami Retno didampingi Ketua PKK Kota Bima saat menerima penghargaan MAHADIKA 2023.

KOTA BIMA, TUPA NEWS.- Tidak hanya sebatas penghargaan bagi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) saja yang diserahkan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima, tapi ada yang spesial pada Malam Anugerah Istimewa Pendidikan Kota Bima (MAHADIKA) Selasa (21/11/2023) malam di Gedung Seni Budaya (GSB), yakni TK Kusuma Bangsa mendapatkan penghargaan sebagai Kategori Sekolah Inklusi.

Secara garis besar, Pendidikan Inklusif adalah sistem layanan pendidikan yang mengatur agar siswa dapat dilayani di sekolah terdekat, di kelas reguler bersama-sama teman seusianya. Tanpa harus dikhususkan kelasnya, siswa dapat belajar bersama dengan aksesibilitas yang mendukung untuk semua siswa tanpa terkecuali difabel.

TK Kusuma Bangsa ditetapkan sebagai sekolah inklusi, setelah memenuhi indikator menitikberatkan pada sistem penyelenggaraan pendidikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki perbedaan keyakinan, suku, budaya, sosial dan tumbuh kembang.

Bagaimana tanggapan, Kepala TK Kusuma Bangsa Retno Utami, dalam rilisnya Mami Retno sapaan akrabnya, sudah 7 tahun berjuang melaksanakan sekolah INKLUSI
Akhirnya Pemerintah Daerah paham apa sekolah INKLUSI, Kusuma Bangsa hadir karena cinta keragaman, keyakinan, sosial, budaya dan tumbuh kembang anak yang terlahir cukup unik, anak tidak bisa memilih seperti Apa dan Bagaimana Warna Kehidupannya dan Kusuma Bangsa hadir di Kota Bima untuk menerima anak apa adanya dan bukan ada apanya.

Kusuma Bangsa menanamkan jiwa kebangsaan serta dapat menghargai, menghormati serta memiliki jiwa empati dengan teman sebaya yang berbeda
banyak warna yang sudah kami lewati
Namun kami tetap melangkah. “Terimakasih kepada Tuhan, almarhum Ibu, Bapak dan Papi. Terimakasih kepada anak-anak, cucu yang selalu menjadi inspirasi. Terimakasih kepada Dinas Dikpora Kota Bima, sahabat yang senantiasa mendukung mimpi-mimpiku. Kalau hingga hari ini Kusuma Bangsa boleh tetap ada dengan segala keterbatasan kami semua Anugerah Tuhan,” jelasnya. (TN – 03)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 1