HomeKota BimaPendidikan

Uji Publik Kelas Tahfidz Warnai Festival Kurikulum Merdeka di SMPN 13 Kota Bima

Kepala SMPN 13 Kobi H, Yusuf saat menerima piagam penghargaan atas pelaksanaan festival kurikulum merdeka.

KOTA BIMA, TUPA NEWS.- Senin (10/06/2024) SMP Negeri 13 Kota Bima menggelar puncak perayaan Festival Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran (Tapel) 2023/2024, dengan Tema : “Bergerak bersama memajukan masa depan prestasi”. Tahun 2024 ini sekolah yang berdomisili di Kelurahan Tanjung Kecamatan RasanaE Barat itu, melepas siswa-siswi Kelas IX Tapel 2023/2024 sebanyak 60 siswa.

Selain pelepasan siswa Kelas IX, sekolah ini juga melakukan uji publik juz 30 bagi beberapa siswanya pada Kelas Tahfidz. Siswa-siswi hebat itu masing-masing :

1. M. Arif Dwi Lanang
2. Mukhsin
3. Nafilah
4. Aisyah
5. Unaisyah
6. Khonsa, dan
7. Miftahul Jannah

Dari catatan media ini (Tupa News) khusus sekolah umum (SMP) di Kota Bima yang memiliki khusus Kelas Tahfidz hanya ada di SMPN 13 Kota Bima dan SMPN 14 Kota Bima, hal itu terbukti setiap acara tahunan pelepasan siswa didua sekolah ini selalu menampilkan uji publik bagi kelas Tahfidz-nya, kecuali SMPN 14 Kota Bima yang tahun ini memasuki tahun ke-3.

Kegiatan FKM dimaksud resmi dihadiri Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima yang diwakilkan pada Kasi PTK Bidang Dikdas Saprijal, SE dan dibuka oleh Ketua Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS) SMP Ruslan, S. Pd, juga dihadiri Pengawas Pembina dan pengawas lainnya, sejumlah Kepala SMP se Kota Bima, Kepala SD wilayah zonasi dan Ketua Komite Sekolah Muhammad Hasyim, S.Sos., S.H., M.Ec., Dev.

Seperti dalam sambutannya Kepala SMP Negeri 13 Kota Bima H. Yusuf, S. Pd., M. Si menjelaskan, tema kali ini memiliki makna yang dalam, yaitu bahwa pendidikan merupakan tanggung jawab bersama yang harus dilakukan oleh semua pihak. Semua pihak harus saling bergerak dan berkolaborasi untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik, serta mendorong semangat belajar yang merdeka dan kreatif, ujar Aji Yusuf.

Lanjutnya, Merdeka belajar merupakan salah satu program prioritas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan kebebasan dan otonomi yang lebih besar kepada siswa dalam menentukan pilihan belajarnya. Dengan demikian, diharapkan akan muncul semangat belajar yang lebih besar dan kreatif.

Melalui tema “Bergerak bersama memajukan masa depan prestasi” menekankan pentingnya peran semua pihak dalam mendukung program Merdeka Belajar. Dalam program ini, siswa diberikan kebebasan untuk memilih dan mengembangkan minat dan bakatnya. Guru dan lembaga pendidikan harus mengoptimalkan metode dan strategi pembelajaran agar siswa dapat mengembangkan potensinya secara maksimal.

Dimana peran orang tua juga sangat penting dalam mendukung semangat belajar anak-anaknya. Orang tua harus memberikan dukungan dan motivasi untuk mengembangkan bakat dan minat anaknya dalam belajar. Selain itu, dukungan dari masyarakat, dunia usaha, dan pemerintah juga diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung semangat belajar yang merdeka dan kreatif, jelas mantan guru olahraga hebat milik SMPN 6 Kota Bima ini sebelumnya.

Selain uji publik juz 30 bagi kelas Tahfidz, pihak sekolah juga melalukan
Penayangan video Potret, kata perpisahan oleh kelas 9 dan dilanjutkan kata pelepasan oleh kelas VII dan VIII, Penyerahan piagam bagi 10 orang lulusan terbaik, Prosesi pelepasan dan pemberian cinderamata bagi guru hebat yang pindah tugas.

Selain itu, siswa-siswi hebat asal Tanjung ini menampilkan : Tari Doro Sanggiang oleh Kelas VII dan puisi berantai kelas VIII serta aksi lainnya.

Pihak sekolah juga mengumumkan nama-nama siswa 10 Terbaik, sbb :

1. Khalifah nilai rata-rata 88,46.
2. Putri Selviana nilai rata-rata 87,07.
3. Astriani nilai rata-rata 86,27.
4. Ira Sulastri nilai rata-rata 84,83
5. M. Danil Aliansyah nilai rata-rata 84,71.
6. Muhammad Ragil nilai rata-rata 83,78.
7. M. Arif Dwi Lanang nilai rata-rata 83,60.
8. Aisya nilai rata-rata 83,42.
9. Friz Rahadian Al – Ghifari nilai rata-rata 83,30, dan
10. Mukhsin nilai rata-rata 83,30.

Terpantau usai prosesi pelepasan siswa-siswi Kelas VI Tapel 2023/2024 sebanyak 60 orang tersebut, diakhiri pemberian cinderamata bagi guru hebat yang pindah tugas, yang merupakan lulusan PPPK dan ditempatkan disekolah lainnya, diantaranya sbb :

1. Hikmah, S. Pd
2. Iskandar, S. Pd
3. Endang Ratnasari, S. Pd
4. Sri Wahyuni, S. Pd, dan
5. Firly Paradita, S. Pd.

(TN – 01/Advetorial)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0