HomeKota BimaPendidikan

Komunitas SP 2 Kota Bima Jenjang PAUD, Gelar Penguatan IKM dan Pengimbasan

Peserta penguatan IKM dan pengimbasan jenjang jenjang PAUD pose bersama di Lantai III Gedung Perpustakaan Daerah Kota Bima, Sabtu (26/08/2023).
KOTA BIMA, TUPA NEWS.- Lokakarya penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) – Digitalisasi Sekolah – PBD (Perencanaan Berbasis Data) Reflesi dan Pengimbasan Sekolah Penggerak (SP) Angkatan II, jenjang PAUD Kota Bima Nusa Tenggara Barat, acara ini dipersembahkan oleh Komunitas Pelaksanaan PSP 2 Jenjang PAUD Kota Bima – Nusa Tenggara Barat. Komunitas dimaksud yakni yang tergabung dari Program Sekolah Penggerak (PSP) atau koloborasi dari SP TK Yaa Bunayya, TK Kusuma Bangsa dan TK Asmaul Husna. Ketiga sekolah hebat ini, melakukan pengimbasan kepada 12 Sekolah yang terdiri dari 10 TK dan 2  KB (Kelompok Bermain) lainnya, kegiatan tersebut terlaksana di Gedung Perpustakaan dan Arip Kota Bima Sabtu (26/08/2023).

Kegiatan dimaksud dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Taufikrahman, S. Pd., M. Ap, jajaran PNFI seperti Kasi PTK Arif Rahmansyah, S. Pd dan Hidayat, S. Pd, didampingi oleh narasumber (Fasilitator) PSP Tasrif, M. Pd Dosen STKIP Taman Siswa (Tamsis) Bima dan Abdul Haris, S. Pt, Faridah, S. Pd dari Guru Penggerak, serta Penilik dan Pengawas PAUD/TK Kota Bima Drs. Abdul Haris, Iwan Setiadi, S. Sos dan Siti Rahmah, S. Pd.I

Dalam laporan kepanitiaannya, Sri Asmiati, S. Pd yang juga Kepala TK Yaa Bunayya Salama menyampaikan, bahwa pelaksanaan kegiatan ini sebagai salah satu refleksi kegiatan PSP 2 jenjang PAUD Kota Bima, sekaligus persembahan dalam memaknai kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-78 dan kegiatan ini dibiayai dari dana BOPKIN.
Selain itu, kgiatan ini dimaksud untuk memperkuat pengalaman belajar komunitas PSP 2  dan membuka paradigma baik pelaksana PSP maupun IKM untuk bisa lebih aktif  di Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan  praktek IKM disekolah.  “Sesungguhnya transformasi pendidikan yang sedang bergulir digagas sebagai kerja gotong royong dan kegiatan ini akan sukses ketika dilakukan secara kolaborasi,” ucapnya.

Lanjutnya, peserta kegiatan ini diikuti oleh 40 orang, yang merupakan perwakilan dua orang guru masing-masing TK (masing – masing TK perwakilan dari 5 kecamatan di Kota Bima) dan 15 orang narasumber. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yang dilakukan secara Daring dan Luring, sehingga Sabtu (26/08/2023) dilakukan tatap muka di Gedung Perpustakaan dan Arip Daerah Kota Bima.


Program Sekolah Penggerak yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi dan karakter yang diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru). Sehingga Kurikulum sekolah penggerak adalah kurikulum yang fokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi dan karakter.

Ada 5 Intervensi Program Sekolah Penggerak, yakni :
  1. Pendampingan Konsultatif dan Asimetris.
  2. Penguatan Sumber Daya Manusia di Sekolah. 
  3. Pembelajaran dengan Paragidma Baru. 
  4. Perencanaan Berbasis Data. 
  5. Digitalisasi Sekolah.

Sehingga terkait digitalisasi sekolah yang merupakan suatu intervensi dengan tujuan mendorong pengadaan layanan yang otomatis, cepat, serta terbuka, supaya berjalan beriringan dengan perkembangan di bidang teknologi dan informasi pada era digital saat ini. (TN – 01/Adv.)



COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: