HomeKota BimaAdvetorial

Bunda Paud Umi Eliya Hadiri Gelar Anugerah Prestasi, Pelepasan Siswa KB TK Yaa Bunayya

Bunda PAUD Umi Eliya saat pemasangkaan slempang gelar prestasi dan menyerahkan piala atas capaian belaja pada salah seorang siswi Kelompok Bermain Yaa Bunayya, Sabtu (17/06/2023).


KOTA BIMA, TUPA NEWS.- Sekolah Integral Hidayatullah yang berada di bawah naungan Yayasan Nurul Jadid Hidayatullah, Sabtu (17/06/2023) pagi dihalaman sekolah setempat, Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak – Kanak (TK) Integral Yaa Bunayya Kota Bima menggelar acara anugerah gelar prestasi dan pentas seni sekaligus pelepasan siswa Angkatan XX Tahun 2022/2023 sebanyak 43 orang. Dengan Tema : “Bahagia, Bermain dan belajar, wujudkan generasi qur’ani, bertaqwa, cerdas dan Mandiri”.

Jumlah siswa KB TK Integral Yaa Bunayya yang aktif sampai akhir tahun ini (2022/2023) sejumlah 75 siswa, dengan rincian KB = 8 siswa dan TK = 67 siswa, jadi jumlah yang diluluskan Tahun 2023 ini sejumlah 35 orang. Dengan capaian pengenalan dasar Literasi Agama : Al Qur’an = 2 orang, Iqro 6 = 1, Iqro 5 = 3, Iqro 4 = 3, Iqro 3 = 15, Iqro 2 = 12 dan Iqro 1 = 0.
Bunda PAUD Hj. Eliya saat acara menghadiri acara anugerah gelar prestasi dan pentas seni di Sekolah Integral Hidayatullah.

Menurut Kepala Sekolah Penggerak TK Integral Yaa Bunayya Sri Asmiati, S.Pd.I acara ini adalah salah satu bentuk refleksi dan media anak menampilkan peforma kegiatan bermain dan belajar mereka disamping fariasi-fariasi kegiatan Merdeka Belajar berbasis Tauhid yang mereka dapatkan dari keseluruhan siswa KB yg dilepas semuanya melanjutkan ke TK Yaa Bunayya, begitupun siswa TK sebagian besar ke SD Integral Lukman Al Hakim Salama Kota Bima yang berada pada satu atap dengan TK Yaa Bunayya dan sebagiannya lagi ke SD lain yang lebih dekat dengan rumah atau tempat kerja orang tua, beber Ustadza Sri Asmiati pada Tupa News Sabtu siang.

Lanjutnya, kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama dan dukungan dari semua pihak. “Terimakasih Dinas Dikpora, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas BPBD, Dinas Kominfo, Lembaga Perlindungan Anak, BNN, Polres Bima Kota serta OPD terkait lainnya yang berkenan bermitra, menjadi nara sumber ataupun memfasiliatasi pembelajaran anak-anak kami pada beberapa momen selama ini,” bebernya.


Juga pada BUMN ataupun lembaga-lembaga pendidikan yang berkenan bekerjasama dengan pihaknya. Seperti telah mengadakan beberapa even dan momen yakni : BSI, SMKN 3 Kota Bima, Prodi Akper Poltekes Kemenkes, Perguruan Silat Putra Bima, FTSB dan lain-lain yang tidak bisa disebut satu persatu. “Inilah kami KB TK Yaa Bunayya Kota Bima yang ingin bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar dengan basis tauhid, mewujudkan “Maja Labo Dahu” dengannya landasan takwa mewujudkan generasi bangsa yang selamat dan bahagia, menjadi penyejuk mata dan syafaat bagi orang tua, keluarga dan bangsa negaranya, pemimpin masa depan yang diridhoi Allah dunia akherat,” ulas ustazah Sri Asmiati ini.

KB / TK Yaa Bunayya ingin menjadi Rumah Cinta bagi Anak-anak, mengantarkan mereka dengan dukungan orang tua dan semua pihak, agar menjadikan mereka anak yang sholeh-sholehah yang mencintai Allah dan makhluknya sukses dan bahagia dunia akhirat. “Mereka siap kejenjang yang lebih tinggi, beralih kependidikan dasar dengan masa transisi dan mereka sudah punya bekal dasar Nilai Agama dan budi pekerti profil Pelajar Pancasila dalam koridor akhlak Islami mengembangkan jati diri sebagai muslim, rahmatan lilalamin serta dasar-dasar literasi,” tutupnya.

Ket Foto : siswa-siswi TK A.

Ket Foto : siswa-siswi TK B.

Sementara dalam sambutan intinya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) yang diwakili Kasi PTK Bidang PNFI Dinas Dikpora Kota Bima Arif Rahmansyah, S. Pd, atas nama dinas memgapresiasi yang tinggi kepada Kepala Sekolah dan seluruh Dewan Guru yang telah mendedikasikan diri untuk kemajuan pendidikan dan perkembangan kognitif motorik anak.


Sumbangsih lembaga unggul Ya Bunayya sebagai sekolah Penggerak dengan Kurikulum Merdeka Integrasi dengan Kurikulum Tauhid dengan metode pembelajaran yang Variatif dari Ustadzah hebat. Pembiasaan akhlakul karimah yang diteladankan oleh guru dalam menerapkan pembelajaran yang menyenangkan untuk siswa-siswi. “Upaya mempersiapkan tampilan anak-anak dalam bentuk senam kanak-kanak bersama melafalkan bacaan Al Qur’an surah pendek dan bacaan doa-doa pendek telah dilakukan dengan baik. Terima kasih kepada orang tua yang telah mendukung kegiatan Anugerah Prestasi dan Pentas Seni ini,” ujarnya.

Foto : Arif (Kasi PTK) didampingi Abdul Haris (Penilik).

Tambah Bang Arif saapan akrabnya, kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur atas kebersamaan pihak sekolah dan para orang tua dengan terus membangun dan mengantar anaknya menjadi investasi kebanggaan, generasi Rabbani. “Secara khusus terima kasih kepada orang tua wali yang mempercayakan penuh putra-putrinya untuk mengikuti pendidikan di TK Yaa Bunayya sehingga harapan menjadi generasi sholeh shalehah kebanggaan ayah dan bundanya,” singkatnya.

 
Dari laporan khusus media ini, acara dimaksud dihadiri Bunda PAUD Kota Bima Hj. Eliya H. Muhammad Lutfi sekaligus memasangkaan slempang gelar prestasi dan menyerahkan piala atas capaian belajar. Selain itu, dihari pula Anggota DPRD Kota Bima Syukri, S. Sos, Kemenag Kota Bima, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima, MUI Kota Bima, Ketua Yayasan Nurul Jadid Hidayatullah, Polres Bima Kota, Fasilitator Sekolah Penggerak Tasrif, M. Pd, Ketua Himpaudi Rustam, S. Pd, Penilik Abdul Haris, S. Sos dan Pengawas TK Fatimah, S. Pd, Habiyah, S. Pd dan Siti Rahmah, S. Pd.


Acara itu juga dimeriahkan tampilan pentas seni anak-anak hebat seperti pada Pra Acara dimeriahkan tampilan siswa SD Integral Lukman Al Hakim (cerita tentang rakyat tentang Darere), gerakan dan lagu dari anak KB dan tampilan hafalan dan gerakan surah Al Fill dalam Bahasa Inggris oleh Arizal TK B. Sedangkan pada Acara Inti : dimeriahkan Tampilan Silat Putra Bima, TK A hafalan dan gerakan surah Al Quraisy, Qasidah Rebana oleh An Nisa TK A, Tari kreasi Balok oleh Annisa TK B dan lagu Syukron Guruku. (TN – 01/Adv.)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0