HomeKota BimaPendidikan

Kegiatan Festival Ramadhan Tahun 2024, Usai

 

Sekdis Dikpora Taufik saat menyerahkan hadiah bagi peserta Festival Ramadhan yang juara.

 

KOTA BIMA, TUPA NEWS.-  Festival Ramadhan 1445 H usai, kegiatan yang diadakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima, kegiatan ini merupakan kegiatan keagamaan sekaligus untuk mengisi hari libur Ramadhan 1445 H Tahun 2024 bagi Jenjang Guru dan Tenaga Kependidikan serta siswa-siswi mulai jenjang SD dan SMP Negeri dan Swasta se Kota Bima.

 

 

Dimana pada kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini peserta mengikuti berbagai lomba,  baik jenis lomba Murottal, Kultum dan Qasidah Tingkat SD dan SMP. Seperti diketahui sebelumnya, bahwa lomba tersebut di prakarsai oleh Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dikpora Kota Bima. Terkait pelaksanaan kegiatan tersebut Kepala Dinas Dikpora Drs. H. Supratman, M. Ap merespon dengan baik keinginan bidang Dikdas untuk melakukan kegiatan Festival di bulan Ramadhan. “Kegiatan berlansung selama 2 hari mulai tanggal 3 sampai 4 April 2024 di Gedung Seni Budaya (GSB) Kota Bima,”.

 

 

Menariknya lagi kegiatan ini berlangsung meriah dengan berbagai atraksi yang ditontonkan oleh berbagai peserta lomba dan kegiatan yang dibuka oleh Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Nusa Tenggara Barat Drs. Suka, M.Pd pada Rabu (03/04/2024) kemarin. Kesuksesan acara ini dan dapat berjalan baik dengan mengundang dewan juri berpengalaman untuk menilai Lomba dari peserta yang memang sudah di latih keberaniannya untuk tampil di depan layar dan memberikan yang terbaik.

 

 

Kegiatan Festival Ramadhan dengan tema “Ramadhan Berkolaborasi Bekerjasama untuk menghilangkan tujuan dalam kebaikan”, di tutup secara resmi oleh Sekretaris Dinas (Sekdis) Dikpora Kota Bima Taufikrahman, M. AP. Kamis (04/04/2024), dalam pengantarnya Sekdis memberikan motivasi dan dukungan yang luar biasa kepada para peserta lomba dan dirinya berharap agar peserta lomba bisa terus mengembangkan bakat dan minatnya, kegiatan di lanjutkan dengan acara pemberian hadiah.

 

 

Secara teknis Kabid Dikdas Muhammad Humaidin, M. Pd didampingi Kasi PTK Dikdas Saprijal, SE membacakan juara lomba Festival Ramadhan. Kata keduanya, penetapan peserta Lomba Terbaik I, II, dan III pada Festival Ramadhan Tahun 2024 adalah, sbb :

1. Cabang Murottal

 

A. PI

1.  SDN 2 Suntu Kota Bima

2.  SDN 21 Tolomundu Kota Bima

3.  SDIT Delima Kota Bima

 

B. PA

1. SMP Darul Furqan

2. SDN 42 Manggemaci Kota Bima

3. SDIT Imam Syafii Kota Bima

 

 

2. Cabang Kultum

 

A. PI

1. SD Tahfidz Al-Qur’an AL Amin

2. SDN 52 Busu Kota Bima

3. SMP Darul Furqan Kota Bima

 

B. PA

1. SDN 55 Dara Kota Bima

2. SDIT Insan Kamil Kota Bima

3. SDIT Imam Ahmad Kota Bima

 

3. Cabang Kasida

1. Grup Ceria KKG Rasanae Barat

2. Kec. Raba SDN Nitu Kota Bima

3. Meci Angi SMPN 3 Kota Bima

4. KKG Raba SDN 39 Rabangodu Selatan.

 

 

Para tim juri yang semangat sebut saja diantaranya Hj. Siti Tazkirah, S. Ag, H. Abdul Latif, S. Pd (Kepala SDN 59 Rasalewi) dan H. A. Karim, S. Ag (Pensiun Pengawas Pendidikan jenjang SMP).

 

 

Humaidin kembali menegaskan bahwa belajar agama bukan hanya tentang akademik atau pelajaran di sekolah, tetapi juga tentang memperkokoh akidah, ibadah yang benar, dan akhlak yang baik. Keempatnya merupakan hal yang penting untuk diajarkan kepada anak sejak dini, ucapnya. (TN – 02)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0