HomeKota BimaPendidikan

Pengelola Administrasi SD/SMP se Kota Bima, Ikut Platihan Kompetensi di BGP NTB

Narasumber gelar foto bersama usai pelatihan kompetensi bagi seluruh bendahara dana B0S SD dan SMP se Kota Bima di Lombok.

KOTA BIMA, TUPA NEWS.- Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima bekerjasama dengan Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyelenggarakan kegiatan pelatihan kompetensi pengelolaan administrasi sekolah bagi para tenaga kependidikan. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 21 hingga 23 Juni 2024, di Wisma Disiplin Balai Guru Penggerak Provinsi NTB.

Pelatihan bagi bendahara Dana BOS tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kota Bima dengan membekali para tenaga kependidikan, bendahara dan operator sekolah jenjang SD dan SMP dengan pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam mengelola administrasi sekolah secara efektif dan efisien.

Acara pembukaan dihadiri oleh beberapa pejabat penting, di antaranya Kepala Dikpora Kota Bima Drs. Supratman, M.AP, perwakilan Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi NTB Ari Dahfid, MH., perwakilan Kepala Kejaksaan Negeri Lombok Tengah M. Ikhwanul Fiaturrahman, SH, MH., dan perwakilan Kepala BPMP Provinsi NTB Akhmad Sudirman, S.Si, M.Ed.

Dalam sambutannya, Ari Dahfid memberikan ucapan selamat datang bagi peserta dan panitia, dirinya juga menyampaikan terkait 5 fungsi utama tenaga kependidikan (PTK) berdasarkan Undang-Undang Sisdiknas, diantaranya : Pengadministrasian, Pengelolaan, Pengawasan, Pelayanan teknis, Pengembangan diri.

Lebih lanjut, Kepala Dikpora Kota Bima Supratman lebih banyak menekankan pentingnya memahami dasar hukum dalam pelaksanaan tugas. Dirinya berharap pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi para peserta dalam mengelola administrasi sekolah secara efektif dan efisien, sehingga berdampak pada peningkatan mutu pendidikan di Kota Bima.

Para peserta pelatihan mendapatkan berbagai materi yang relevan dengan pengelolaan administrasi sekolah, termasuk: Pengelolaan Keuangan Daerah Sesuai dengan aturan
Perencanaan di tingkat satuan pendidikan
Materi lain yang relevan terkait peningkatan kompetensi PTK
Pelatihan ini merupakan langkah strategis Disdikpora Kota Bima dalam mewujudkan komitmennya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Bima. Dengan meningkatkan kompetensi para tenaga kependidikan, diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menghasilkan generasi muda yang berprestasi. (TN – 01)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0