HomeKota BimaPendidikan

SDN 59 Rasalewi Gelar Lomba Paskibraka Antar Siswa, Warnai Kegiatan Class Meeting

Hebat, antar siswa-siswi SDN 59 Rasalewi semangat ikuti kegiatan Class Meeting pada lomba paskibraka.

KOTA BIMA, TUPA NEWS.- SDN 59 Rasalewi Kota Bima letaknya memang ada dipinggiran desa, tepatnya di Lingkungan Rasalewi Kelurahan Jatibaru Barat Kecamatan Asakota Kota Bima, tapi hal itu tidak membiat sekolah ini ketigalan dibandingkan sekolah dasar lainnya yang ada di tengah kota. Terbukti usai melaksanakan ujian SIMATIK Akhir Semester (SAS) ganjil, SDN 59 Rasalewi Kota Bima menggelar kegiatan Class Meeting Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan lomba paskibraka.

Bisa dibilang kegiatan Class Meeting ditingkat sekolah dasar hanya bersifat lomba olahraga maupun kegiatan lainnya, tapi tidak dengan SDN 59 Rasalewi mampu memperlombakan antar kelas yakni lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan lomba paskibra.

Pada sejumlah wartawan Kepala SDN 59 Rasalewi Kota Bima H. A.Latif, S.Pdi Selasa (19/12/2023) mengatakan lomba Paskibra melibatkan siswa kelas I dan 6, Satu regu berjumlah 12 orang. Adapun tujuannya lomba ini, untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, disiplin, rasa persatuan, percaya diri, kekompakan, kerja sama dan tanggung jawab serta memotivasi bagi siswa SDN 59 Rasalewi, ujar Aji Leto ini.

Lanjutnya, lomba ini juga diambil dari nilai nasionalis dan kebangsaan cinta tanah air dan patriotisme bagi anak didik. Sehingga terlahir generasi cerdas yang religius dan pancasilais. “Kegiatan ini terus berlanjut dengan kegiatan lainnya. Seperti sosial kemasyarakatan juga kewirausahaan,” bebernya.

Katanya, lomba Paskibra ini bukan hanya digelar di SDN Rasalewi, tapi juga sudah dilakukan di SDN 2 Suntu, SDN 5 Rabangodu Utara dan SDN 43 Melayu waktu dirinya menjabat Kepala sekolah sebelumnya. “Pada intinya apa yang saya lakukan ini semata-mata adalah ibadah yang ikhlas,” jelasnya.

Perlu diketahui Jumlah rombongan belajar (Rombel) di SDN 59 Kota Bima sebanyak 12 rombel dengan jumlah murid 260 lebih melalui Visi dan Misi yakni. Visi mewujudkan siswa-siswi yang berprestasi, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa.

Kemudian Misi-nya, mewujudkan/menciptakan siswa yang taat beribadah. Membentuk sikap dan perilaku yang Baik, Sopan, Santun,
dan Berkarakter. Mewujudkan siswa-siswi yang disiplin. Menciptakan suasana Pembelajaran yang aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira dan Berbobot. Mewujudkan siswa yang berprestasi. Mewujudkan suasana kekeluargaan antar warga sekolah. Mewujudkan sekolah hijau (Green School). Pembiasaan 3K (Kebersihan Diri, Kebersihan Kelas, dan Kebersihan Lingkungan) dan 4S (Senyum, Sapa,
Salam, Salaman).

Dengan Tujuan, siswa taat beribadah terhadap Tuhan Yang Maha Esa, siswa bisa membaca Qur’an dengan lancar, mengembangkan potensi bakat dan minat siswa serta guru, nilai siswa kelas VI (Enam) mencapai standar kelulusan, siswa berprestasi dalam bidang keagamaan, Siswa cerdas dalam ilmu pengetahuan dan ilmu agama, Siswa berprestasi dalam bidang olympiade MIPA, Siswa berprestasi dalam olahraga atletik, volly mini, takraw, dan pencak silat serta warga sekolah menjaga keasrian lingkungan sekolah dan seluruh warga sekolah melakukan pembiasaan 3K
Kebersihan diri, kebersihan kelas, dan kebersihan sekolah. (TN – 01).

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0