HomeKota BimaPendidikan

SMPN 5 Kobi Gelar Festival Kurikulum Merdeka, Sekaligus Pelepasan Siswa Kelas IX

10 siswa Kelas IX SMPN 5 Kobi peraih nilai rata-rata tertinggi Tapel 2023/2024.

KOTA BIMA, TUPA NEWS.- Selasa (21/05/2025) SMP Negeri 5 Kota Bima menggelar kegiatan Festival Kurikulum Merdeka sekaligus pelepasan bagi siswa Kelas IX Tahun Pelajaran (Tapel) 2023/2024 sebanyak 61 orang. Terpantau acara Festival Kurikulum Merdeka yang kedua, setelah SMPN 9 Kota Bima Kamis (16/05/2024) dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahrara (Dikpora) Kota Bima Drs. H. Supratman, M. Ap didampingi Kabid Dikdas Muhammad Humaidin, M. Pd, Koordinator Pengawas (Korwas) Abd. Salam, S. Pd, Ketua MKKS SMP M. Nasir, S. Pd, Ketua Dewan Pendidikan Drs. Abdul Azis, M. Pd dan sejumlah Kepala Sekolah (Kepsek) SD wilayah zonasi SMPN 5 Kota Bima serta kepala SMP se Kota Bima.

Dalam sambutan pembukanya Kepala SMPN 5 Kota Bima Abdi, S. Pd menyampaikan bahwa acara ini terselenggara atas dukungan wali murid berserta seluruh dewan guru. “Sekolah ini sudah banyak memiliki inovasi, baik celengan koin dan aplikasi KAMANE untuk absensi online bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di sekolah ini, sesuai visi-misinya GELORA,” singkatnya.

Sementara itu, dalam sambutan tunggalnya Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima Drs. H. Supratman, M. Ap menyampaikan terimakasi kepada kepsek SMPN 5 Kobi berserta jajarannya yang telah sukses melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) bagi ke-61 siswa ini dan hari ini dinyatakan lulus 100 porsen. “Gelora itu semangat untuk membangun lingkungan sekolah tentunya dan memang benar sekolah ini memiliki inovasi yang luar biasa,” ujarnya.

Sambungnya, Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) sudah diputuskan Kurikulum Merdeka ini menjadi Kurikulum Nasional dan sudah ditetapkan oleh Komisi 10 DPR RI lewat Undang-Undang. Jadi walaupun ganti menteri pendidikan nanti, maka kurikulum Nasional ini tetap berjalan. “IKM ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa, jadi budaya dan karakter akan ditanam dalam diri siswa ini sebagai generasi Emas 2045. Jadi pembentukan siswa yang berbudaya dan berkarakter itu, lewat P-5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila),” jelasnya.

Jadi P-5 ini adalah sebuah kegiatan kokurikuler yang berfokus pada pendekatan projek untuk memperkuat upaya dalam mencapai kompetensi dan karakter yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang didasarkan pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

Supratman juga berpesan kepada orang tua siswa yang tamat tahun ini di SMPN 5 Kobi, kiranya mendukung anak-anaknya untuk melanjutkan studinya kejenjang lebih tinggi lagi yakni SMA/SMK yang ada di Kota Bima ini. “Saya yakin wali murid ini mendorong putra putrinya untuk menuntut ilmu setinggi tingginya,” singkatnya.

Adapun nama-nama siswa yang masuk 10 besar dari total siswa Tapel 2023/2024 sebanyak 61 siswa ini dan 2 orang dianyaranya laki-laki dan 8 orang lainnya perempuan. Yakni sbb :

1. Nasya Larasati Kelas IX-2 dengan nilai rata-rata 91,05
2. Putri Inayah Tunnisah Kelas IX-1 dengan nilai rata-rata 90,60
3. Zul Fatuh Humairah Kelas IX-1 dengan nilai rata-rata 90,54
4. Humairah Ramadhani Kelas IX-2 dengan nilai rata-rata 90.00
5. Inayah Handayani Kelas IX-2 dengan nilai rata-rata 89,51
6. Dimas Kelas IX-2 dengan nilai rata-rata 88,59
7. Fely Mentari Kelas IX-2 dengan nilai rata-rata 86,10
8. Marjan Kelas IX-2 dengan nilai rata-rata 86,10
9. Suci Ramadhani Kelas IX-2 dengan nilai rata-rata85,91 dan
10. Rafkah Hadi Setiawati Kelas IX-2 dengan nilai rata-rata 85,45.

(TN – 01/Advetorial)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0